UMKM Academy
Materi dalam program UMKM Academy meliputi: Strategi pemasaran dan penjualan, Manajemen keuangan, Pengembangan produk dan layanan, Manajemen operasional. Program UMKM Academy juga memberikan pendampingan online kepada peserta. Peserta akan diminta untuk melakukan problem analysis, idea exploration, dan action plan.
Materi dan pendekatan pembelajaran dalam program UMKM Academy akan disesuaikan dengan kategori dan tahap perkembangan masing-masing UMKM. Misalnya, ada level Starter untuk UMK tahap dasar dan level Expert untuk UMK yang sudah lebih baik. Beberapa program UMKM Academy yang ada di Indonesia, di antaranya:
Starter
Time: 4 Hari/ 32 Jam.
- Cara Menentukan Nama Perusahaan yang Baik
- Cara Membuat Logo Perusahaan
- Cara Membuat Kemasan dan Label Produk yang Benar
- Cara Foto Produk Professional Menggunakan Handphone
- Cara menambahkan Alamat di Maps atau mengklaim Profil Bisnis di Google
Intermediate
Time: 7 Hari/ 56 Jam
- Cara Membuat Akun Media Sosial yang Benar
- Cara Membuat Toko di Fanpage Facebook
- Cara Membuat Instagram Shoppin
- Cara Membuat Akun Seller Tiktok Shop
- Cara Membuat Toko di Marketplace
Expert
Time: 5 Hari/ 40 Jam
- Cara Efektif Mengelola Keuangan Usaha
- Cara Menentukan Target Pasar
- Cara Melakukan Riset dan Melakukan Evaluasi
- Cara Bersaing dengan Kompetitor
- Cara Analisa dan Pelajari kompetitor
Mastery
Time: 10 Hari/ 80 Jam
- Cara Mengoptimalisasi Sosial Media
- Cara Laris Berjualan di Marketplace
- Cara Promosi Toko atau Produk di Media Sosial
- Cara Pasang Iklan ADs
- Cara Sukses Jualan di WhatsApp Business
Materi Belajar Berbasis Industri
Basic Stage
Digital Marketing Research
- Mempelajari definisi digital marketing
- Tipe-tipe digital marketing
- Strategi marketing secara general
- Mempelajari Cara Kerja Google Pencarian
- Mengetahui konten-konten yang diperlukan untuk membuat landing page yang baik
- Melakukan riset SEO
- Membuat landing page
- Mengoptimasi content marketing dengan SEO
- Mengembangkan konten organik media sosial menggunakan tools
- Copywriting and Creative Design
- Mengenal copywriting secara umum
- Melakukan branding di media sosial sebagai hal mendasar dalam copywriting
- Membuat konten Instagram dengan teknik copywriting
- Membuat banner untuk konten atau iklan media sosial
Paid Ads
- Mempelajari mengenai ads channel
- Memahami workflow ad campaign manager, seperti riset, perencanaan media, implementasi, dan sebagainya
Video Marketing
- Mengetahui pentingnya video marketing dan channel yang dapat digunakan.
Strategic & Technical Stage
Digital Marketing Strategy
- Memahami target market dan kompetitor
- Membuat site structure, landing page, beserta konten website
- Memilih KOL yang cocok dengan brand persona dan image bisnis/perusahaan.
- Mengaplikasikan Google Analytics
- Google Ads, Facebook Ads, Search Engine Marketing and E-commerce
- Membuat akun dan setup campaign Google Ads.
- Customer Relationship Management (CRM)
- Mengenal dasar-dasar CRM dan jenisnya.
- Mempelajari email marketing
Final Stage & Career Preparation
Analysis and Reporting
- Menghitung biaya marketing dan membuat laporannya.
Project and Presentation
- Menjelaskan proses pengerjaan Digital Marketing Project.
- Mempresentasikan hasil Digital Marketing Project secara detail
Soft Skill
- Mempelajari cara memecahkan masalah menggunakan design thinking.
- Mempelajari cara berkomunikasi secara efektif serta cara mempresentasikan pekerjaan di hadapan klien.
Syarat & Ketentuan
- Setiap kelas minimal 10 Peserta
- Pelatihan dapat dilaksanakan secara online dan offline
- Tempat penyelenggaraan disediakan oleh peserta
- Jadwal ditentukan oleh pihak OLG Indonesia